Kamis, 16 Juni 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan berasal dari kata derita,kata derita bersal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung.
Derita artinya menanggun g atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan .penderitaan itu bisa berupa lahir atau batin ,penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia.Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat ada yang berat ada juga yang ringan.
Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan energy untuk bengkit bagi seseorang,atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahhagiaan.Contohnya: suatu hari terjadi sebuah sunami besar di aceh ,dan bencana tersebut merupakan suatu bencana atau penderitaan bagi mereka,beda halnya dengan para pemulung merupakan kesenangan bagi mereka.
Penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut:
1. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan tersebut dapat terjadi dalam hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
2. Penderitaan yang timbul karena penyakit siksaan atau azab
Penderitaan tersebut dapat terjadi akibat penyakit atau siksaan azab tuhan.Namun kesabaran,tawakal dan optinisme merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu.
Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam sikap dalam dirinya.sikap tersebut akan menimbulkan sikap positif maupun negative.Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan ,melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar