Kamis, 16 Juni 2011

Manusia Dan Cinta Kasih

 
Sebenernya, manusia itu tidak akan terlepas dengan yang namanya cinta. Cinta adaalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih yaitu mengandung arati perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Perbedaan Anatara Cinta Dan Kasih
Cinta: Mengandung perasaan tentang rasa yang mendalam
Kasih: Merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan ras, mengarah kepada yang dicintai.
Perbedaan antara cinta dan nafsu adalah sebagi berikut:
Cinta bersifat manusiawi
Cinta bersifat rokhaniah
Sedangkan nafsu bersifat jasmaniah
Cinta menunjukkan perilaku memberi,
Sedangkan nafsu cenderung menuntut
Cita memeiliki tiga tingkatan:
Cinta tingkatan tertingggi adalah cinta kepada Allah, rasulullah dan berjahad dijalan Allah. Cinta tingkatan menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat, sedangkan cinta yang tingkatannya rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta tempat tinggal.
Kasih sayang
Dalam kamus umum bahasa Indonesia, karya W. J. S Poerwadarminta, kasih sayang dapat diartikan “Perasaan sayang, perasaan cinta/perasaan suka kepada seseorang”. Dalam kasih sayang sadar/tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, salaing pengertian, saling perhatian, dan saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.
Benci atau kebencian adalah merupakan sebuah emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidak sukaan enmiti atau antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang atau fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk menghindari, menghancurkan atau menghilangkannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar