Kamis, 16 Juni 2011

MANUSIA DAN PERADABAN

Arti peradaban istilah peradaban sering di pakai untuk menunjukan pendapat dan penilaian kita terhadap kebudayaan.pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncak nya berwujud
unsur-unsur budaya yang bersifat halus,indah,tinggi dan sopan juga luhur dan sebagai nya.
  Kebudayaan adalah hasil cipta dan karya manusia wujud kebudayaan,kesenian,moral dan juga hukum.maka istilah peradaban sering di pakai untuk hasail-hasil kebudayaan seperti:kesenian,ilmu pengetahuan dan teknologi,adat sopan santun serta pergaulan nya.
 Kaitan peradaban dan religius adanya 5M kemampuan meningkatkan religi dengan adanya teknologi kita bisa mengungkap rahasia dan ilmu pengetahuan contoh nya:di dalam film harun yahya adanya beribu-ribu sperma masuk ke dalam ovum dan menghasilkan yang terbaik adanya ayat al-quran yang telah mengungkapkan adanya  bumi berputar.
manusia adalah mahluk ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam,mengalami kelahiran,pertumbuhan,perkembangan dan mati dst.serta terkait dengan alam dan lingkungan nya dalam sebuah hubungan timbal balik itu positif ataupun negatif.
pengertian peradaban kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi dan spiritual.
Ada beberapa arti peradaban menurut para ahli :
·         Menurut Fairchild, 1980:41, menyatakan peradaban adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya.
·         Menurut Kontjaraningrat (1990:1982) menyatakan peradaban untuk menyebut bagian dan unsur kebudayaan yang halus, maju, dan indah seperti misalnya : kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan, dst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar