Kamis, 16 Juni 2011

MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Manusia adalah mahluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada turan-aturan tuhan, sedangkan Lingkungan merupakan suatu media dimana mahluk hidup tinggal, mencari penghidupan dan memiliki karakter serta fungsi yang khas.
Realsai manusia dan lingkungan adalah hubungan yang timbal balik dan simbolik mutualisme karena manusia hidup di alam lingkungan hidup dan alam sebagai lingkungan hidup juga merupakan juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya. Jadi manusia butuh alam untuk kehidupannya dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya.
Manusia memang dijadikan Allah sebagai khalifah atau pengganti atau yang menggantikan. Allah menjelaskan di dalam surat al Baqarah, berbunyi: “wa idz qala rabbuka lil malaikati inni ja’ilun fi al ardhi khalifah”. Yang artinya “dan ketika tuhanmu berkata kepada malaikat, sesungguhnya aku akan menciptakan kepada malaikat, sesungguhnya aku akan menciptakan khalifah di bumi.
Maikat ketika itu tidak sepakat. Dan kemudian bertanya kepada Allah swt, apakah mahluk itu tidak akan membuat kerusakan di bumi dan menumpahkan darah, padahal kami, para malaikat selalu melakukan pujian. Akan tetapi Allah menyatakan bahwa Dia lebih mengetahuai apa yang malaikat tidak ketahui.
Di dalam konsepsi islam, maka terdapat dua fungsi manusia di dalam kehidupannya.
• Pertama adalah sebagai abdun atau hamba Allah dan
• Kedua sebagai khalifah atau wakil Allah di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar